HeadLine

Tak Ada Angin dan Tak Ada Hujan, MKD Tiba-tiba Berhentikan Akom Jadi Ketua DPR

ade-komarudinJAKARTA – Tidak ada angin dan tak ada hujan, secara tiba-tiba, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mengumumkan pemecatan Ade Komarudin sebagai Ketua DPR RI, Rabu (30/11).

Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad, dalam konferensi pers menyebutkan bahwa Ade Komarudin telah melakukan pelanggaran etika dengan saksi memberhentikannya sebagai Ketua DPR.

“Diputuskan sejak Rabu ini yang terhormat saudara Ade Komarudin dari Fraksi Golkar, dinyatakan berhenti dari jabatan ketua DPR RI,” kata Dasco.

Sanksi pemberhentian terhadap Akom, begitu Ade Komarudin akrab disapa, diputuskan karena akumulasi sanksi yang dijatuhkan MKD. Akom dijatuhi sanksi ringan (teguran tertulis) terkait pengaduan Komisi VI tentang pembagian kewenangan mitra komisi dan pembahasan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Kemudian, Akom juga dijatuhi sanksi sedang terkait pengaduan Badan Legislasi DPR, yang menuduhnya menunda-nunda pengambilan keputusan terhadap RUU Pertembakauan.

Maka dalam putusan ini, MKD juga memerintahkan pimpinan dewan menindaklanjuti RUU Pertembakauan yang sudah tuntas dibahas di Baleg. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top