Pengawasan

Pengacara Mengadu ke Komisi III DPR

JAKARTA – Komisi III DPR RI menerima pengaduan dari beberapa kantor pengacara terkait kinerja dari lembaga hukum yang menjadi mitra kerja Komisi III.

“ Kami (Komisi III-red) menerima pengaduan yang berkaitan dengan kinerja dari lembaga hukum yang menjadi mitra kerja Komisi III. Jadi tidak membicarakan perkara atau kasusnya,” tegas Wakil Ketua Komisi III, Desmond J Mahesa, Selasa (29/11).

Aduan pertama datang dari kantor pengacara Bambang and Partner (BNP) yang mengadukan kinerja dari Kabareskrim dan Kejaksaan. Pasalnya pihaknya atas nama kliennya PT Bumigas Energi pada November 2012 melaporkan Mantan Dirut PT Geo Dipa Energy, Syamsudin Warsa ke Bareskrim Polda Metro Jaya atas dugaan tindakan penipuan.

Baru pada 1 September 2016 berkas laporan tersebut dinyatakan P21 atau lengkap oleh kejaksaan. Berkas dikirim oleh penyidik ke Kejaksaan negeri Jakarta Selatan atau Tahap 2 pada 25 Oktober 2016. Saat tahap 2 itu Syamsudin dikenakan tahanan kota.

“Sayangnya setelah tahap 2 sampai hari ini berkas belum dikirim ke Pengadilan Negeri. Padahal menurut hukum acara pidana atau KUHAP pasal 139, 140 dan 143 berkas setelah dinyatakan lengkap harus dikirim ke pengadilan. Di sini kami melihat ada permainan berkas di tubuh Bareksrim maupun Kejaksaan,”ungkap Bambang, pengacara dari BNP.

Ditambahkan Bambang, pada 28 November 2016 kemarin, pihaknya malah mendengar kabar bahwa Jaksa Agung Muda Pengawas (Jamwas), Widyo Pramono akan menghentikan perkara itu karena dinilai tidak memenuhi persyaratan untuk  disidangkan. Terkait hal itu maka Bambang mempertanyakan mekanisme beracara dari acara hukum pidana. Ia berharap agar kasus ini ada kejelasaannya alias tidak digantung-gantung.

Sementara itu kantor pengacara Dede Nasution memohon perlindungan hukum bagi kliennya, Siti Maryam Ibrahim selaku pengurus sah dari yayasan Teungku Fakinah. Hal itu berdasarkan keputusan dari Sekjen DPR RI.

Terkait pengaduan dan laporan dari beberapa kantor penasehat hukum tersebut, Politisi dari Fraksi Gerinda ini berjanji akan mempertanyakannya kepada mitra kerjanya, yakni Kejaksaan dan Bareskrim. Hal ini semata demi tegaknya hukum.(esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top