HeadLine

Jaga Wilayah Terluar, Kodam Sriwijaya Tempatkan Satu STT di Pulau Enggano

JAKARTA– Untuk menjaga kedaulatan TNI bakal menempatkan pasukan di pulau-pulau terluar Indonesia. Salah satunya adalah di Pulau Enggano. Enggano adalah pulau terluar di pesisir barat bagian selatan wilayah Sumatera.

Komandan Korem 041 Garuda Mas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad, Minggu (20/11) mengatakan, TNI bakal menjaga Pulau Enggano dengan menempatkan pasukan mulai tahun depan.

“Untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), akan kita tempatkan pasukan dari Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha di Pulau Enggano. Posisi Pulau Enggano sangat strategis,” kata Danrem.

Jumlah pasukan yang akan menjaga Pulau Enggano tersebut ada Satuan Setingkat Peleton (SST) dan dilakukan secara bergantian oleh pasukan Yonif 144/Jaya Yudha Curup. Mereka sebelumnya juga dipercaya dari pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat.

Sebenarnya di Pulau Enggano ini sudah ada Koramil. Namun, dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah, letak geografis dan kondisi sosialnya diperlukan penguatan pengamanan minimal satu SST. “Prajurit yang bertugas di Enggano melakukan pembinaan secara teritorial.”

Mengingat Enggano adalah bagian dari pulau terluar, tak tertutup kedepannya dilakukan penjagaan yang bukan hanya dari Yonif 144/Jaya Yudha, namun juga oleh pasukan dari satuan lainnya yang ada di jajaran Kodam II Sriwijaya.

Untuk itu, pihaknya akan melaporkan rencana pengiriman pasukan ke Pulau Enggano itu ke Pangdam II Sriwijaya di Palembang, sehingga rencana ini bisa langsung dilaksanakan.

Sejauh ini sarana dan prasarana yang ada di Enggano sudah mencukupi berupa barak prajurit, kantor hingga landasan untuk helikopter. Juga tersedia lahan 3 hektare yang disiapkan untuk usaha pertanian bagi pasukan TNI selama menjalankan tugas pengamanan di Enggano. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top