Polhukam

Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Ditutup

saldi-israJAKARTA – Pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditutup Kamis (3/11) sore. Berdasarkan data yang dikeluarkan Tim Seleksi Bakal Calon Anggota KPU, ada 304 orang yang mendaftar sebagai calon anggota KPU dan 208 calon anggota Bawaslu.

“Hari ini tepatnya pukul 16 kami Timsel sudah menutup secara resmi pendaftaran calon anggota KPU-Bawaslu. Jumlah yang mendaftar KPU 304 orang Bawaslu 208 orang. Jumlahnya 512 pendaftar,” kata Ketua Pansel Anggota KPU Saldi Isra, kepada wartawan, Kamis (3/11).

Jumlah tersebut kata Saldi, diperkirakan masih bertambah karena ada yang mendaftar melalui pos. Ini amsih mungkin berubah. Karena ada yang daftar melalui pos. Ini msih ditunggu. Mudah-mudahan malam ini atau besok paling lambat sudah bisa terkumpul,” jelas Saldi.

Pihak Timsel Anggota KPU belum bisa mengklasifikasi asal dan latar belakang calon yang mendaftar. “Kami belum menyimpulkan,” kata anggota Pansel Anggota KPU Ramlan Surbakti.

Namun menurut dia, paling banyak yang mendaftar itu dari KPU pusat serta KPU provinsi dan kabupaten/kota. Begitu juga dengan calon yang mendaftar untuk menjadi anggota Bawaslu, juga begitu dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Kemudian kedua dari perguruan tinggi, PNS yang hampir pensiun dan pengacara. Sebasarannya lebih merata dibanding lima tahun lalu. Jumlah perempuan belum dapat dipastikan tapi jelas lebih banyak laki-laki,” jelas Ramlan.

Sementara itu menurut Saldi, untuk tahap pertama Timsel akan memverifikasi dokumen para pendaftar. “Timsel akan membaca dokumen-dokumen yang masuk untuk kemudian tahap pertama kita umumkan tanggal 25 November. Jadi ada waktu untuk menilai keterpenuhan syarat yang ada di UU Pemilu,” kata Saldi.

Dikatakan Saldi, tes yang akan dilakukan sesuai dengan yang sudah disebutkan UU. “Ada tes kesehatan. Kita akan berkomunikasi dengan tim kesehatan. Tidak beda dengan yang lalu. Lalu ada tim tes psikologi. Lalu ada tes tulis di tahap kedua. Setelah lolos tahap pertama nanti akan ada membuat deksripsi diri. Nanti akan ada paduan pertanyaan yang akan dilampirkan saat pengumuman 25 November”, kata Saldi. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top