Legislasi

DPR Kritisi RUU Penyelenggaraan Pemilu Usulan Pemerintah

diskusi-ruu-pemiluJAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengkritisi draf Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Penyelenggaraan Pemilu yang sudah dikirim pemerintah ke DPR. Sistem terbuka terbatas dinilainya telah mengkebiri hak-hak rakyat dalam menentukan wakilnya yang duduk di lembaga legislatif karena penentuan caleg terpilih tersebut hanya didasarkan pada gambar partai dan nomor urut partai, bukan didasarkan pada nama caleg dan nomor urut caleg.

“Ini luar biasa menurut saya, untuk perlu disikapi dan kritisi oleh DPR. Karena di era demokrasi saat ini, idealnya penentuan caleg terpilih harus berdasarkan sistem proporsional terbuka, ” kata Ahmad Riza Patria dalam dialektika demokrasi bertema “Pro/Kontra RUU Pemilu” bersama Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Kordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jerry Sumampau di gedung DPR Jakarta, Kamis (3/11).

Riza Patria menambahkan apabila analisas tersebut benar, maka sistem Pemilu 2019 tidak mengalami kemajuan, tapi malah mundur. Sebab rakyat diarahkan hanya memilih gambar partai atau nomor urut partai, bukan memilih nama caleg atau nomor urut caleg. “Bahkan ada yang bilang surat suaranya nanti tidak sah kalau pemilih hanya memilih nama caleg atau nomor urut caleg, ” ujar politisi dari Fraki Partai Gerindra itu.

Menurut Riza pula, rakyat harus diberi kesempatan seluas-luasnya dalam menentukan para pemimpin, baik sebagai presiden maupun wakil rakyat di parlemen karena kedaulatan itu ada di tangan rakyat. “Kedaulatan ada di tangan rakyat, biarlah rakyat yang menentukan pilihannya dan parpol hanya menyajikan,” sambung Riza.

Demikian pula terhadap kewenangan partai politik dalam menempatkan calon-calon wakil rakyat yang diatur undang-undang saat ini. Menurut Riza, kewenangan tersbut sudah sangat maksimal. “Kewenangan parpol sejauh ini sudah luar biasa. Sudah besar peran parpol, karena parpol juga yang tentukan caleg. Kalau takut, masukkan dong caleg yang bagus,” ujar Riza.

Sementara Agus Hermanto berpendapat keinginan pemerintah untuk kembali menggunakan sistem pemilu tertutup atau terbuka terbatas dalam pemilihan caleg ini karena adanya beberapa alasan. Diantaranya mengakomodir pengurus-pengurus parpol yang selama ini berjuang di parpolnya. Kedua dilatarbelakangi agar caleg bisa dikendalikan oleh parpol.

Agus meyakini usulan pemerintah dalam draft RUU pemilu yang diajukan oleh pemerintah akan menjadi perdebatan tersendiri di Pansus RUU Pemilu DPR. Pasalnya dalam UU Pemilu sebelumnya menggunakan sistem pemilu proporsional terbuka. “Tapi ini belum menjadi sikap DPR. Sikap pastinya nanti saat fraksi-fraksi menyampaikan DIM (Daftar Inventarisasi Masalah). Pansus DPR akan meminta penjelasan secara detil kepada pemerintah. Apa yang dimaksud dengan terbuka terbatas tersebut?, ” ujarnya.

Agus Hermanto mengajak seluruh elemen bangsa untuk aktif dalam mengawasi pembahasan revisi undang-undang pemilu tersebut. Pengawasan selama pembahasan diharapkan mampu menghasilkan undang-undang pemilu yang lebih berpihak kepada rakyat. “Mari kita awasi pembahasan ini agar bisa kontrol,” kata Agus.

Sedangkan Jerry menilai sistem pemilu terbuka terbatas yang diusulkan pemerintah dalam RUU penyelenggaraan Pemilu itu hanya akal-akalan. Sebab pada dasarnya substansi dari ketentuan tersebut merupakan sistem pemilihan proporsional tertutup. “Kalau usulan terbuka terbatas, itu sebenarnya bohong-bohongan karena substansinya adalah tertutup, jadi caleg tidak dipilih. Penetuan caleg bukan karena caleg memperoleh suraa terbanyak seperti selama ini, Tapi hanya menggunakan istilah saja,” kata Jerry. (chan)

415 Comments

415 Comments

  1. Pingback: Google

  2. Pingback: Google

  3. Pingback: penis ring vibrator

  4. Pingback: first jack rabbit

  5. Pingback: bitcoin faucet

  6. Pingback: Webcam model

  7. Pingback: anal toys

  8. Pingback: vibrator g spot

  9. Pingback: 이문희 감독

  10. Pingback: kitchen tiles stickers

  11. Pingback: tile stickers waterproof

  12. Pingback: skyzone trampoline park Stockton CA

  13. Pingback: debris hauling

  14. Pingback: detroit auto wrecker service

  15. Pingback: glass pleasure ball

  16. Pingback: Phil

  17. Pingback: Judicial Review Lawyers

  18. Pingback: taxi innsbruck sölden

  19. Pingback: Cash For Trucks

  20. Pingback: grinding wheels

  21. Pingback: videochat

  22. Pingback: used electronics

  23. Pingback: Realtor Wichita, KS

  24. Pingback: digital marketing agency philippines

  25. Pingback: pussy power

  26. Pingback: sex toy

  27. Pingback: Male Enhancement

  28. Pingback: find friends

  29. Pingback: this is my email address

  30. Pingback: clasificados online

  31. Pingback: Car Wrecker

  32. Pingback: 롤대리랭

  33. Pingback: truck acce

  34. Pingback: tow yard

  35. Pingback: Electric Circular Saw

  36. Pingback: mti magnolia telecom complaints

  37. Pingback: sec with nipple clamps and butt plug

  38. Pingback: car wreckers

  39. Pingback: superiorautoinstitute.com

  40. Pingback: colorful lingerie

  41. Pingback: silicone butt plug

  42. Pingback: pleasure whip

  43. Pingback: inchiriere apartamente bucuresti

  44. Pingback: silver rings

  45. Pingback: solar of hawaii

  46. Pingback: autoplosiny

  47. Pingback: sexdolls

  48. Pingback: Cummins ism

  49. Pingback: morkie

  50. Pingback: butt toys

  51. Pingback: adam and eve review

  52. Pingback: DISCO HIRE

  53. Pingback: apps for windows 8

  54. Pingback: games for pc

  55. Pingback: male stroker

  56. Pingback: gspot rabbit vibrator

  57. Pingback: Mobile repair

  58. Pingback: 스포츠닥터스

  59. Pingback: 스포츠닥터스

  60. Pingback: pure kona coffee

  61. Pingback: work from home jobs for moms

  62. Pingback: 100% kona

  63. Pingback: Triple Pleasure Rabbit

  64. Pingback: EvolvedNovelties

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top