Polhukam

Arcandra dan Jonan Harus Buktikan Jokowi Tidak Salah Pilih

JAKARTA– Ignasius Jonan serta Arcandra Tahar harus membuktikan kepada masyarakat bahwa Presiden Jokowi tidak salah memilih mereka sebagai Menteri dan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Keduanya harus membuktikan bahwa mereka memang profesional dan Presiden Jokowi tidak salah memilih untuk menempati posisi itu. Hal itu adalah hak prerogatif presiden,” kata Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid seperti siaran pers yang diterima Parlementaria.com, Minggu (16/10).

Siapa yang diangkat Jokowi menjadi pembantunya dalam kabinet, itu adalah hak pribadi presiden. Beliau juga harus berpikir, dengan tiga kali reshuffle dan masa kerja yang sudah hampir setengah jalan.

“Harusnya Jokowi memikirkan kinerja para menteri harus lebih baik dari sebelumnya. Apakah Archandra dan Jonan baik atau tidak, Mereka harus bertanggungjawab nantinya. “Jugaharus ada pembuktian ke publik bahwa mereka bukan pilihan yang salah dari Jokowi,” ungkap politisi senior partai kader ini.

Ignasius Jonan, menurut Hidayat masih harus membuktikan kecakapan diringa di ranah ESDM. “Dari rekam jejak, Pak Jonan termasuk sukses saat Beliau sebagai dirjen di Kemenhub, tetapi saat menjadi menteri beliau malah diganti.”

Mengenai Jonan di ESDM, tinggal pembuktian yang bersangkutan sebab Jonan lebih dikenal di perhubungan. “Apakah Beliau ahli di ESDM, ya Beliau harus membuktikan. Jika gagal, yang rugi kan pak Jokowi sendiri,” kata Ketua MPR RI 2004-2009 tersebut.

Sedangkan mengenai sosok Arcandra Tahar dinilai Hidayat sebagai sosok yang juga masih harus membuktikan diri. Arcandra kan ada kondisi yang dipermasalahkan terkait kewarganegaraan.

Ini juga menjadi tantangan bagi dia untuk membuktikan bahwa dirinya sudah Indonesia. “Tidak ada lagi sisa-sisa warna negara Amerika. Kita semua mengkritisi, dan beri kesempatan mereka bekerja,” demikian Hidayat Nur Wahid. (art)

12 Comments

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top