HeadLine

Pidato Pertama Mohammad Saleh: Hasil Kerja DPD Selama Ini Sia-sia

ketua-dpd-mohammad-salehJAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Mohammad Saleh menyampaikan pidato pertama pada forum seminar nasional peringatan ulang tahun ke-12 DPD, bertemakan ‘Penguatan DPD sebagai Kekuatan Penyeimbang’, di Gedung Nusantara IV DPD, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/10).

Dia merasa upaya penguatan lembaga yang baru dipimpinnya sehari itu masih belum membuahkan hasil. Jalan satu-satunya penguatannya adalah melalui mengamandemen Undang-undang Dasar Negara RI 1945. “Upaya penguatan pernah dilakukan melalui putusan MK (Mahkamah Konstitusi) Tahun 2012, tapi dalam pelaksanaan UU MD3 belum sepenuhnya didasarkan pada putusan MK. Sangat disayangkan,” kata Saleh.

Diungkapkan senator asal Bengkulu itu, sejak DPD berdiri Oktober 2004 hingga Agustus 2016, DPD sudah mengajukan 68 Rancangan Undang-undang (RUU), 248 pandangan dan pendapat, 76 pertimbangan, dan 184 hasil pengawasan. “Namun hasil tersebut sia-sia, karena tidak maksimal,” sesal Saleh.

Dia kemudian melihat solusi agar DPD bisa benar-benar kuat. Caranya adalah melalui amandemen UUD 1945. Diharapkan, nantinya DPD menjadi lebih bisa berkontribusi membangun bangsa dan negara. “Penguatan DPD melalui amandemen UUD 1945 merupakan jalan konstitusional untuk penguatan DPD. Kita ingin membangun DPD sebagai lembaga terhormat, aspiratif, dan mampu meluruskan sejarah bangsa untuk tunduk dan patuh dalam kehidupan bernegara,” tuturnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top