Polhukam

Arwani: Biaya Politik Era Reformasi Jauh Lebih Mahal

JAKARTA– Demokrasi politik pada era reformasi seperti saat ini jauh lebih mahal dibanding ketika Orde Baru berkuasa dimana biaya politik semakin tinggi baik yang dikeluarkan pelaku demokrasi maupun partai politik.

Itu dikatakan, Arwani Thomafi, anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI dalam sosialisasi empat pilar MPR RI di gedung parlemen seperti dilansir Humas MPR RI, Kamis (14/10). “Demokrasi politik saat ini ada minusnya. Biaya politik menjadi tinggi, baik yang dikeluarkan rakyat maupun partai politik,” kata anggota Komisi II DPR RI ini.

Arwani mencontohkan, pemilihan presiden pada masa Orde Baru cukup dimusyawarahkan di MPR, sementara zaman sekarang, calon presiden harus turun ke berbagai daerah untuk menemui rakyat.

Tak hanya terkait biaya, politik menurut dia kini juga memiliki potensi konflik sosial. Namun, di balik itu semua, Arwani mengganggapnya sebagai bagian dari proses menuju demokrasi yang mencerdaskan.

Dia berharap agar partai politik memperluas cakupan segmennya dengan terjun ke lembaga-lembaga pendidikan. Anak-anak muda harus dimaksimalkan partai politik untuk menjadikan mereka sebagai kader-kader partai. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top