Anggaran

DPR Minta Empat Menko Berkoordinasi dengan Baik

menko-di-banggarJAKARTA – Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah menekankan kepada empat kementerian koordinator agar bersinergi dalam menjalankan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian. Penegasan tersebut ditujukan agar seluruh program pemerintah tepat sasaran.

Pernyataan tersebut disampaikan Said saat rapat Banggar dengan Menko Bidang Perekonomian; Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Menko Bidang Kemaritiman, di ruang Sidang Banggar, Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

“Oleh karenanya kawan-kawan dari Banggar selalu mengingatkan bahwa koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian, jauh lebih penting agar seluruh program pemerintah tepat sasaran,” tandasnya.

Anggota Dewan dari dapil Jawa Timur XI ini juga menilai, empat menko tersebut masih lemah dalam menjalankan fungsi koordinasi. “Ada berbagai catatan, kelemahan-kelemahan pada tingkat koordinasi, singkronisasi dan pengendalian, karena banyak di kementerian-kementerian oprasional yang sesungguhnya berbeda dengan pemerintah,” ungkapnya.

Menko Polhukam Wiranto, menyampaikan arah kebijakan bidang polhukam tahun 2017, sebagimana dipresentasikannya di hadapan Anggota Banggar, yakni kepastian dan penegakkan hukum, konsolidasi demokrasi dan efektivitas diplomasi. Selain dua hal tersebut Wiranto juga masih menekankan pada stabilitas keamanan dan ketertiban serta reformasi birokrasi.

Sedangkan arah kebijakan perekonomian 2017, Menko Perekonomian Darmin Nasution, menjelaskan koordinasi kebijakan pengembangan ekonomi makro yang kondusif masih menjadi perhatian. Untuk merealisasikan itu, strategi yang ditempuh dengan koordinasi kebijakan fiskal moneter, penguatan sistem keuangan, pengendalian utang luar negeri, dan pengendalian inflasi. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top