Polhukam

KMP Kuasai Semua Kursi Pimpinan Komisi

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyerahkan palu pimpinan kepada Ketua Komisi II DPR Rambe Kamaruzaman (Golkar)

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyerahkan palu pimpinan kepada Ketua Komisi II DPR Rambe Kamaruzaman (Golkar)

JAKARTA – Sembilan Komisi DPR telah berhasil memilih pimpinannya, Rabu (29/10/2014). Dari 9 komisi tersebut, semua kursi pimpinannya diambil fraksi-fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

Pemilihan pimpinan kesembilan komisi tersebut tanpa dihadiri fraksi-fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH), yaitu PDIP, Nasdem, PKB, Hanura serta PPP.

Komisi yang telah terbentuk pimpinnya adalah Komisi I dengan ketua Mahfudz Siddiq dari Fraksi PKS dengan wakil ketua Tantowi Yahya (F-Golkar), Hanafi Rais (F-PAN), dan Asril Tanjung (F-Gerindra). Pemilihan pimpinan komisi tersebut dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon

Pimpinan Komisi II adalah Rambe Kamaruzaman (Fraksi Golkar) sebagai ketua dengan tiga wakil ketua yaitu Ahmad Riza Patria (Fraksi Gerindra), Wahyudin Halim (Fraksi Demokrat) dan Mustafa Kamal (Fraksi PKS).

Sedangkan Ketua Komisi III adalah Aziz Syamsudin (Golkar) dengan wakil ketua Desmond Junaedi Mahesa dari Fraksi Gerindra, Benny K Harman (Fraksi Demokrat) dan Mulfahri Harahap dari Fraksi PAN.

Ketua Komisi IV Edhy Prabowo (Demokrat), dengan wakil ketua masing-masing Titiek Soeharto (Golkar), Viva Yoga Mauladi (PAN) dan Herman Khaeron (Demokrat). Keputusan tersebut diambil dalam pemilihan dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.

Kemudian politisi Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay didaulat sebagai Ketua Komisi VIII dalam sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.  Saleh didampingi tiga wakil ketua yang juga berasal dari parpol Koalisi Merah Putih yaitu Deding Ishak (Golkar), Sodik Mudjahid (Gerindra), dan Ledia Hanifa Amalia (PKS).

Anggota Fraksi Partai Demokrat Dede Yusuf terpilih sebagai Ketua Komisi IX. Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah itu ditetapkan juga Wakil Ketua Komisi IX masing-masing Syamsul Bachri (Fraksi Golkar), Pius Lustrilanang (Fraksi Gerindra) dan Asman Abnur (Fraksi PAN).

Fraksi Partai Demokrat juga mendapatkan kursi Ketua Komisi X dengan menempatkan Teuku Riefky Harsya. Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga ditetapkan wakilnya masing-masing Ridwan Hisyam (Fraksi Golkar), Nur Rozy (Fraksi Gerindra), dan Sohibul Iman (Fraksi PKS).

Sementara pemilihan Pimpinan Komisi V dan XI DPR ditunda hingga Kamis besok. Namun, paket pimpinan sudah muncul seperti nama Wakil Ketua Umum Golkar Fadel Muhammad yang menjadi kandidat kuat calon Ketua Komisi XI yang membidangi sektor perbankan dan keuangan. Penetapan ditunda karena ada konsolidasi internal komisi. (chan)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top