HeadLine

Jokowi-JK Resmi Presiden dan Wakil Presiden 2014-2019

jokowi ucapkan sumpahJAKARTA – Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden untuk masa bakti 2014-2019, setelah membacakan sumpah jabatan, di hadapan Anggota MPR RI, Ketua Mahkamah Agung, dan para tamu undangan.

Begitu waktu menunjukkan pukul 10.12 WIB, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang memimpin jalannya sidang mempersilahkan Jokowi dan JK mengucapkan sumpah yang diatur dalam Pasal 35 UU MD3, dengan disaksikan Ketua MA Hatta Ali.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap Jokowi dengan mantap, Senin (20/10/2014).

Jusuf Kalla menyusul mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden. Saat waktu menunjukkan pukul 10.30 WIB, Jokowi dan JK menandatangani berita acara pelantikan yang diiringi dengan riuh ramai tepuk tangan para tamu yang hadir.

Begitu resmi menyandang predikar Presiden RI ke-7, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjabat Presiden dua periode sebelumnya, mempersilahkan Jokowi menduduki kursi Presiden sambil berpelukan. Begitu juga dengan Boediono yang bertukar posisi dengan Jusuf Kalla.

“Indah sekali pemandangan ini,” ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan mengomentari perpindahan pemerintahan yang berlangsung dengan lancar dan damai. (fk/ap)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top