HeadLine

Effendi Ghazali: Capres PD Tak Sekuat Jokowi dan Prabowo

effendiJAKARTAPengamat politik dari UI Effendi Ghazali menegaskan jika Partai Demokrat (PD) akan tetap mengajukan capres dengan koalisi dengan partai tengah misalnya PAN, PKB, PKS dan lainnya, posisinya tetap akan lemah, karena tak ada tokoh yang akan dicapreskan sekuat Jokowi dan Prabowo.Karena itu, SBY harus melakukan langkah cepat dengan melakukan koalisi dengan capres yang sudah ada, untuk menyelamatkan konvensi itu sendiri.

 “Jadi, konvensi capres PD yang akan ditutup dengan perdebatan pada 27 April itu, tak banyak manfaatnya, maka SBY harus berani melakukan koalisi sebelum partai-partai berkoalisi. Tanda-tandanya harus ada sekarang ini tanpa harus mengukur elektabilitas peserta konvensi capres. Lalu, akan dipsangkan dengan siapa?” tandas Effendi Ghazali dalam dialog kenegaraan ‘Posisi konvensi Partai Demokrat di tengah dinamika koalisi’ bersama Ketua DPD RI Irman Gusman, Ketua DPP PD Andi Nurpati dan direktur eksekutif IndoBarometer Muhammad Qodari di Gedung DPD/MPR RI Jakarta, Rabu (23/4/2014).

 Diakui Effendi Gazali jika konvensi itu proses terbaik untuk mencari capres, tapi belum untuk Indonesia. Apalagi yang dilakukan PD misalnya sampai sekarang ini belum mengerucut dari 11 peserta konvensi capres itu, siapa yang seharusnya dicapreskan untuk pilpres 2014 ini? “Konvensi PD itu tak ada ujungnya, tak ada kontestasi capres dan partai, dan tak ada gagasan yang berani berbeda dengan PD maupun SBY. Mestinya itu terjadi, dan hasilnya nanti akan ditentkan oleh survei,” tambahnya.

 Sejauh itu Effendi Gazali menyatakan prihatin dengan pemilu 9 April 2014 ini, karena maraknya politik uang yang populer dengan istilah NPWP (nomor piro wani piro, nomor berapa berani berapa?). Solgan itu terbukti dipraktekkan oleh rakyat di bawah, karena mereka menyaksikan banyak anggota DPR RI yang korupsi. “Belum lagi penghitungan suara yang diwarnai berbagai kecurangan sejak dari TPS, KPPS, KPPK, KPUD sampai KPU,” pungkasnya. (chan/mun)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top