HeadLine

Mega Larang Sidarto Mundur dari Panggung Politik

Ketua MPR Sidarto Danusubrto bersama anggota DPD AM Fatwa dan pengamat politik dari LIPI Firman Noor dalam dialog kenegaraan di DPD

Ketua MPR Sidarto Danusubrto bersama anggota DPD AM Fatwa dan pengamat politik dari LIPI Firman Noor dalam dialog kenegaraan di DPD

Jakarta – Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto mengatakan, meski dirinya sudah berusia 77 tahun namun  dirinya dilarang mundur dari panggung politik oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Karena itu dia maju sebagai calon anggota DPD dari daerah pemilihan DI Yogyakarta.

Saat berbicara dalam dialog kenegaraan ‘Ragam Gaya Kampanye Calon Senator’ di Gedung DPD, Rabu (26/3/2014), Sidarto menyadari kalau dirinya tetap menjadi caleg DPR  akan menghambat regenasi untuk yang muda.

“Saya diminta tidak mundur dari politik, karenanya pindah sebagai caleg DPD. Dengan wilayah yang lebih luas dibanding caleg DPR RI. Saya banyak blusukan di hari libur, Sabtu-Minggu, karena saya Ketua MPR RI,” kata Sidarto.

Untuk mendapatkan dukungan rakyat sebagai caleg DPD RI, Sidarto mengaku tidak banyak alat peraga yang dikeluarkan. Tapi, hanya membuat patung dirinya yang bisa dipindahkan ke mana saja, ketika dirinya melakukan blusukan tersebut. “Bahkan melalui patung itu, banyak masyarakat berfoto. Itulah antara lain kampanye yang ramah lingkungan, dan saya tidak pasang banner di pohon-pohon,” katanya.

Terkait dengan pemilu suara terbanyak, Sidarto pada dasarnya tidak setuju karena mayoritas rakyat masih berpendidikan kelas 2 SMP dan masih dalam kondisi lapar. “Belum waktunya saat ini dengan demokrasi suara terbanyak, karena rakyat masih rendah pendidikannya, dan miskin. Karena itu yang terpilih kebanyakan yang punya modal kuat,” ujarnya.

Demokrasi suara terbanyak tersebut kata Sidarto, baru bisa diterapkan kalau pendapatan per kapita rakyat sudah mencapai 10.000 dollar AS dan pendidikannya rata-rata SMA. Seperti Korea, Spanyol, dan negara maju yang lain. “Jadi, kita masih harus menunggu sampai 4 kali pemilu lagi untuk menerapkan demokrasi suara terbanyak itu,” ungkapnya.

Selain itu menurut Sidarto, menjalankan tugas legislasi-UU, budget-anggaran, dan pengawasan itu tidak mudah. Karena itu, banyak anggota DPR RI yang baru justru menjadi ‘pendiam’ ketika berada di DPR RI. “Selain harus diwawancarai apa saja yang terjadi di negara ini, DPR harus bicara pada saat yang tepat, dan DPR bukan tempatnya belajar,” sarannya. (chan/mun)

5 Comments

5 Comments

  1. Match.com Free Trial

    08/31/2015 at 08:38

    I read this article fully concerning the comparison of newest and earlier
    technologies, it’s awesome article.

  2. Price Of Quest Bars At GNC

    09/10/2015 at 08:13

    I’m not that much of a online reader to be honest
    but your blogs really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back later on. All the
    best

  3. black mass 2015

    09/19/2015 at 21:30

    I read this piece of writing completely about the difference of most recent and earlier technologies, it’s awesome
    article.

  4. Hey! I know this is sort of off-topic but I needed to
    ask. Does building a well-established website like yours require a
    large amount of work? I am brand new to operating a blog however I do write in my diary on a daily basis.
    I’d like to start a blog so I will be able to share
    my experience and feelings online. Please let me know if you have any suggestions or tips
    for new aspiring blog owners. Appreciate it!

  5. Quest Protein bars recipes

    10/19/2015 at 15:51

    I love your blog.. very nice colors & theme.
    Did you create this website yourself or did you hire someone to do
    it for you? Plz respond as I’m looking to design my own blog and would like to know where u
    got this from. many thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top